Thursday, December 27, 2007

i luv u Indonesia

Kali ini Saya berusaha akan menulis dengan bahasa sedikit "lebih" serius, tanpa diawali curhat. Tapi kalo kesana-kesananya makin ancur, ya maap-maap dh.. Hehe..
3 step rasa nasionalisme Saya:
1.
"Tadinya" Saya nasionalis.. Saya rasa Saya cukup nasionalis, walau ga nasionalis-nasionalis banget. Tapi paling ngga, Saya merasa BT & ga suka kalo ada yang menjelek-jelekkan Indonesia, berusaha belajar dengan giat demi Indonesia (*hoho). Yah siapa tau Saya bisa menyumbangkan pemikiran untuk membangun bangsa ini ;>
2. Lalu Saya merasa, nasionalisme Saya sedikit demi sedikit terkikis.. Saya "tidak" nasionalis lagi. Sbenarnya, hal itu karena Saya merasa kecewa dengan terlalu banyaknya "kemajemukan" yang membuat Indonesia jadi tidak terlihat membanggakan sama sekali. Kemajemukan yang dilihat dari sudut pandang yang salah, dimana sebenarnya masalah kemajemukan tentu akan menjadi suatu titik balik positif bila kita tau bagaimana mengolahnya. Tapi ternyata, orang Indonesia punya kebiasaan buruk, slalu saja memandang semuanya dari sudut pandang negatif. Perbedaan tidak dijadikan sebagai hal yang baik, tapi malah terus saja dibahas mana yang paling benar.. Akhirnya sesama saudara Indonesia sendiri malah sering terjadi adu pendapat & berperang.
Jadinya semua orang sampai lupa untuk menjaga dan mengharumkan nama bangsa, dan akhirnya segala kekayaan malah DIAMBIL ORANG.. & Saya tidak menyalahkan Si Pihak Pengambil 100%. Karena orang Indonesianya saja tidak perduli pada kekayaan bangsa ini.
Saya sempat merasa bahwa bangsa ini benar-benar kacau & Saya tidak tau lagi mana yang harus Saya percaya & pegang. Oleh karena itu, Saya terbawa dengan lingkungan itu, Saya sempat merasa malas mengurusi Indonesia, "Yah sebodo amatan lah, yang lain aja pada ga perduli.." & nasionalispun lenyap dari hati..
3. Sampai Saya disadarkan oleh se-orang teman yang bilang (*pendek sih, tapi dalem):
"Wah Dew, semoga lo cepet sadar ya.."
Saya lumayan langsung mikir, "iya juga sih.. Kalo semua orang bersikap ga perduli sama bangsa ini, bisa-bisa malah makin kacau kan?? Bisa-bisa nih bangsa malah makin (*kalo kata orang Jawa nh) ga genah , makin ga beres, makin amburadul.."
Hem..ya.. Akhirnya Saya merasa bahwa Saya harus mulai mengumpulkan puing-puing nasionalisme Saya, untuk disusun lagi menjadi "bangunan nasionalisme" yang baik, bahkan harus lebih sempurna dari sebelumnya. Karena bangsa ini telah mengalami banyak hal, banyak fase. Fase yang membuat rakyatnya bingung, akan dibawa ke arah mana bangsa ini.
Oleh karena itu, sebaiknya memang hal itu harus diawali dari dini, & dari generasi mudanya.. Karena generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Sedangkan bisa kita liat sekarang:
  • Orang-orang lebih suka sekolah diluar, kayanya prestis nya gimana gitu. Trus bangga banget kalo punya titel di luar. Menyedihkan... Boleh sih, kita mencari ilmu smpe ke kutub sekalipun (*carilah ilmu sampai ke Negri Cina), tapi masalahnya, kebanyakan orang-orang keluar bukan bner-bner buat belajar/cari ilmu, tapi malah buat nampang doang.. Kan males-in.. Mending duitnya buat gw.. ;p
  • Bangga banget kayanya kalo beli produk-produk luar. "Eh ini gw beli di Paris lho, tas gw di S'Pore, yang ini di Thailand.." Lah.. so...???!!!
  • Lebih bangga sama kimono, padahal kita punya kebaya & batik yang keren (*& akhirnya sekarang batiknya malah diambil orang. Ya habis..ga ada yang mikirin??! Ya scara misalnya gw pake batik, dibilangnya aja kaya ema'-ema', padahal itu budaya bangsa).
  • Lebih bangga belajar "break dance" daripada "tari pendet" atau "tari bali".
  • Gw yakin banget banyak anak muda yang ga tau apa itu "Reog Ponorogo", giliran udah disabet orang, baru deh pada protes. Ngehina-hina orang, (*&herannya orang Indonesia itu cepet banget "panasan", langsung deh ngebales di blog nya orang "sana" kalo mereka itu maling, ditambah kata-kata kampungan, yang justru makin nunjukin kalo Indonesia trnyata "segini doang").
  • Oya, trus nih, anak muda Indonesia itu kebanyakan "ngerasa tua" & "berat" kalo ngomong soal ke-bangsa-an. "Ya hari gini gitu lho??? Kita mah masih muda.. Ngapain sih ngurusin gitu-gituan?? Ntar aja sihhhh.." (*Lalu berganti pembicaraan dengan gosip abad ini atau belanja apa minggu besok). Hihihi, padahal kalo bukan yang muda, siapa lagi yah yang belain?? Scara kalo udah tua, ada juga tinggal nunggu umur & mati doang, mana udah peyot & pasti ga bakal bisa fresh mikir kaya yang muda-muda.
Yah begitulah, dan lainnya, dan lainnya.. Yah Saya mah ga bermaksud sok tau yah.. Toh Saya sebenernya tetep aja suka juga sama yang namanya hura-hura (*yaiyalah siapa juga yang ga suka seneng-seneng?), tapi kayanya bakal lebih perfect tuh kalo hura-hura yang diselingi dengan sedikit kesadaran.Hehe.

"Aku tetap mencintai kalian semua sahabat +senang-senang+ku.. Tapi kayanya lo semua bakal lebih cantik deh, kalo pada rada concern sdikit sama masalah-masalah tanah air.. (*& selanjutnya mereka pun akan menoyor Saya sambil bilang, "huahaha..tai lo...") ......"


the end


Oya, tapi 1 hal.. Dari dulu Saya slalu berpendapat (*walaupun dalam keadaan sedang nasionalis atau ga nih..)..
SILENT is GOLD.. Yang artinya: DIAM itu EMAS (*yaiyalah itu mah bayi juga tau).
& maksud Saya, ini ditujukan untuk orang-orang "sok tau" yang cuma bisa ngomong dan berpendapat sama suatu hal, padahal ga bner-bner tau masalahnya apa.
Kan banyak nih, jaman sekarang mahasiswa pada demo atau suatu kelompok apa gitu, yang pada demo di depan MPR/DPR.. Padahal pas Saya tanya sama mereka alesan demo, mreka bilang "Buat rame-ramein doank Wi. Hehe". Yaelah cape dh, daripada demo, ya mendingan belanja bukan? ;p Manalagi panass.. Cape-cape demo depan MPR/DPR, padahal mendingan dirumah, tidur (*Udah gitu, bisa keliatan juga kan, kalo trnyata pemerintahan Indonesia labil? Di demo dikit, keputusan langsung berubah. Lho jadi sbenernya yang "kepala" mana? Yang "kaki" mana? "Kaki" jadi di "kepala", dan "kepala" jadi di "kaki", kaya lagu dangdut deh..)

Btw, tapi sepertinya OTAK orang-orang INDONESIA emang udah terdidik jadi PROVOKATOR (& herannya, mudah banget juga terprovokasi).
Jadi yah Saya mah mendingan diem ajah,.. berusaha ga judge sesuatu apapun dengan gitu aja, berusaha fleksible, berusaha berteman dengan siapapun dengan pemikiran gimanapun & dengan kalangan manapun, berusaha mengerti mau orang lain & melihat dari sudut pandang orang lain, bukan cuma dari sudut pandang kita aja.. Yah semoga "kesadaran" ini akan terus berlanjut sampe akhir hayat & Saya tidak "kemakan omongan". AMIN.



NOTE:
Blog ga jelas untuk provokasi: http://ihateindon.blogspot.com/
(*eh tapi menurut Saya, blog diatas blm tentu bneran buatan orang Malaysia dh.. Menurut Saya, itu krjaan provokator ga tau siapa, yang lagi kurang krjaan x ya.. Soalnya kata-katanya ga "Malaysia banget".. Yah semoga diampuni oleh Yang Kuasa deh).


Selamat menulis & mendukung bangsa kita yahh.. =)



2 comments:

Anonymous said...

hmm, yah yah yah...
wlaupun segimana buruknya dan seberapa bobroknya bangsa qt,tp gw ttp cinta bangsa sendiri.dmn lg ada polisi yg bisa disogok pas ditilang,,?dmn lagi ada makanan pake formalin biar awet?dmn lg di negara mana yg klo korupsi bisa lolos?enak ga tuh kita!haha

+Dee+..what else? said...

Mel, tobat mel tobat..hehe.