Saturday, December 15, 2007

gemah ripah loh jinawi

hem..kali ini gw pengen ngebicarain ttg..hem apa yah sebutannya..??
Jadi tiba2 gw kepikiran sm suatu hal, dan kejadian ini muncul pas bulan November lalu..


Well. Soal.... Reog Diklaim Malaysia..
Tau kan semuanya apa itu "REOG"..??
r u sure??
u dont even know..??
oh God..that's why Indonesia become d most terrible country this time..
(*haha blagu bgt gw, najong. Maap..maap..haha)

Reog adalah..salah satu kesenian nusantara kita, lebih tepatnya disebut Reog Ponorogo,
krn emang berasal dr Ponorogo. Kaya gn nih:









Reog Ponorogo ini udah beratus-ratus tahun jadi kesenian daerah yang menjadi warisan leluhur warga Ponorogo yg telah membumi di nusantara, bahkan dunia internasional.
Dan taunya..Dan ternyata.. sekarang diklaim jd milik Malaysia.
Hal itu diakui o/ Malaysia dgn mempublikasikan Seni Barongan Malaysia yg diterbitkan Kementrian Kebudayaan, Kesenian, & Warisan Malaysia melalui sebuah portal (
heritage.gov.my).
Hal ini ngebuat seluruh masyarakat Ponorogo jd geram, & katanya sh mau ngambil jalur hukum.
(*btw, kok bahasan gw Malaysia lg sh?wah2 ga sngaja aj lho.hehe).

Nah trus gw jd ke-ingetan jg,
klo tempe yg -notabene- milik Indonesia jg, berasal dr Indonesia, ternyata jg di hak paten sm Jepang.

Trus batik..
Batik jg udh jelas kan klo milik Indonesia??
Ya kaya kimono dh.. Jepang jg punya baju adat, dan itu adalah kimono.
& Indonesia..punya batik sebagai kebanggaannya..
Tapi sialnya, di hak paten lg sm Malaysia..

Yang jd pertanyaan gw..
Kok negara2 lain bs sgitu gampangnya "nge-hak-paten-in" barang2 milik Indonesia & ngaku2 klo itu punya mreka yah??
Sebegitu remehnya kah Negara kita di depan mata dunia smpe2 pada bodo amat maen hak paten ajah??

Atau..emang Indonesianya yg kurang gesit aj atau emang kurang ngehargain budaya tanah air??
Karna klo emang diliat2.. Indonesia cenderung lebih suka pake hal2 yg berbau dr luar ketimbang bw2 ciri sendiri (*Iya ga sih? ga tau ahh..hehe)


Yah.. pokoknya gw ga mau sok tau, ntar ada yg tersinggung, yg jelas..Smpe kapan ya
Indonesia ky gn??
Krna klo dipikir2, sbnernya Indonesia tuh udh bneran merdeka blm sh??
Kok kayanya masih ditindas2 aja yah??
Ya walopun dr segi yang "kasat mata.."

Iya ga sh..?????? Any comment?? (*menghindari ke-sotoy-an.hihihi)

2 comments:

Anonymous said...

hhahaha gw ga nyangka lo segitu ngefansnya sama gw sampe diem2 bikin link ke blog gw hiaahahahhay.
tenang tenang.
udah gw ganti kok weeek :p

+Dee+..what else? said...

de lo merkiy banget sh sm kaka lo sndiri smpe2 lo ganti linknya..pelit..